Sabtu, 12 Januari 2013

Kuliner 3



Yangko Jogja



Yangko merupakan jajanan khas kota Yogyakarta berbentuk kotak dengan baluran tepung biasanya tepung maizena atau tepung terigu. Yangko terbuat dari ketan putih sehingga memiliki teksture yang lembut dan kenyal. Aslinya kue yangko ini di isi dengan kacang tanah tapi kebanyakan sekarang yangko yang dijual di toko oleh oleh tanpa isi tapi rasanya tetap enak kok. Terkadang ada orang yang salah mengatakan kue wingko dan kue yangko, mungkin karena namanya yang mirip padahal kedua kue ini sangat berbeda.


Kue  yangko ini jika di negeri jepang mungkin sama dengan moci. Namun ada yang berbeda, yangko tidak lembek seperti moci serta tidak sekenyal moci bentuknya kotak. Yangko juga memiliki wangi harum yang khas menggoda selera. Asal usul kue yangko ada yang bilang kue ini dari kata kiyangko yang kemudian dikenalkan oleh mbah ireng sejak tahun 1921 dan baru pada tahun 1939 yangko dikenal luas di masyarakat.

Yangko selalu mengikuti zaman sehingga yangko tetap disukai oleh masyarakat. Dalam perkembangannya yangko tanpa isi digantikan dengan yangko aneka rasa dengan menambah esense rasa buah saat membuat adonan.  Bentuknya tidak banyak berubah sejak dahulu kala yaitu kotak kecil dan tetap keyal, lembut dan manis.

Kue ini mudah ditemukan di hampir semua tempat wisata dan toko jajanan di yogyakarta bahkan juga took oleh-oleh diluar yogyakarta seperti magelang. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung merk dan tempat yangko dijual. Biasanya antara 8000 sampai 10000 perkotak ( saat tulisan ini dibuat ) dari toko produksi. Namun jika anda membeli kue yangko ini di pusat oleh oleh harganya akan lebih mahal antara 13.000 – 15.000 apalagi jika di tempat tempat wisata atau tempat tempat umum.

Untuk membuat yangko sebenarnya tidaklah sulit. Namun memang memerlukan kesabaran dan ketelitian. Untuk membuat yangko yang berkualitas baik biasannya para produsen yangko membuat sendiri tepung beras ketannya. Namun jika anda ingin mencoba coba boleh saja anda membeli tepung beras ketan untuk membuat yangko.  

Sumber: http://www.masakkue.com/2012/09/Membuat-Yangko-jogja.html#_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar