Sabtu, 12 Januari 2013

Kuliner 2



Bakpia Pathuk




Sudah tahukah rahasia bakpia pathuk?
Ah ya, ini bukan rahasia seluruh bakpia yang ada di Pathuk. Hanya yang saya tahu saja.Semoga tidak mengecewakan hehehe…

Fyi, Pathuk adalah nama Kecamatan yang berada di sebelah Barat Malioboro. Lebih mudahnya sih, di belakangnya Ramai Mall, belakang agak jauh, sekitar seplintenganPlintengane buto ijo kalo kata temen KKNku :p. Pathuk juga adalah sentra industri rumah tangga yang memproduksi makanan khas Jogja, yaitu Bakpia.
Sekali lagi, ini hanya rahasia bakpia pathuk “25” dan “75”. Bukan semua bakpia pathuk.
Kalau kamu mengira ini adalah rahasia tentang resepnya. Maafkanlah, kali ini kamu akan kecewa, ini bukan rahasia tentang resepnya. Bukan juga rahasia tentang gossip-gosip yang beredar di sekitarnya.
Kenapa hanya bakpia “25” dan “75”?
1.    2 merk tersebut bisa dikatakan 2 merk paling terkenal dan besar di Jogja.
2.    Dari dulu paling suka dengan bakpia dari kedua merk ini.
Pernah berhenti karena ada gossip minyak babi, tapi setelah seorang teman kos magang di sana, semua keraguan menjadi sirna, apalagi kedua bakpia ini mengurus sertifikasi halal ke MUI.
Pernah juga diberitahu bahwa ada bakpia lain yang (katanya) lebih enak, contohnya : bakpia pojok di jl. Monjali, juga bakpia yang kotaknya berwarna ungu (lupa merknya). Tetap saja saya lebih suka produk kedua bakpia tersebut. :D
3.    Saat membeli saya bisa minta yang fresh from the oven.
4.    Karena rahasia yang akan saya ceritakan ini
Rahasia ini pernah saya bagi sekaligus dipraktekkan dengan 2 orang mpers yang pernah ke Jogja di waktu berbeda dan saya temani membeli bakpia pathuk. Entahlah, mereka masih ingat atau enggak.
Panjang banget prolognya ya hueeee…
Rahasianya adalah….
.
.
.
Kalau kamu membeli bakpia pathuk “25’ atau ‘75’ langsung ke toko/tempat pembuatannya, katakan pada pelayannya, “HP ya mbak…” kalau pelayan lama, dia akan langsung mengerti. Tapi, kalau pelayan baru, biasanya dia akan bertanya lagi (pengalaman beberapa waktu lalu), “Apa?” Nah, kali ini kita harus menjawab lebih panjang, “Harga Pelanggan, ya mbak…”
Penting : Tidak Harus Menggunakan Bahasa Jawa. Cukup dengan menggunakan bahasa Indonesia, bahkan dengan logat daerah kita, HP tetap berlaku. :)
Dan…Taraaaa!!!
Kita akan mendapatkan potongan harga Rp. 3000,-/kotak, kalau kita beli 10 kotak, tinggal dikalikan deh 10 x Rp. 3000,- lumayan kan? hehehe
Asaallll…. Pake syarat nih : JANGAN NAIK BECAK KE TOKO/TEMPAT PEMBUATANNYA.
Kalau sudah pada tau, itung-itung mengingatkan kembali yaaaa :p
Sumber: http://wisata.kompasiana.com/kuliner/2012/02/13/di-jogja-rahasia-bakpia-pathuk-438978.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar